JURNAL IKHTIYAR KETURUNAN

Bismillah,, jurnal ini mungkin sama dengan jurnal atau catatan atau blog yang berisi ttg kegiatan pasangan suami istri yang sedang menanti datangnya buah hati.

Ada beda, yaa beda yang kami sampaikan disini. So, jurnal ini akan dimulai dan in syaa Allaah akan selalu kami update.

Perjalanan kami dimulai hampir 8th yang lalu dan kami masih disini, masih dalam taraf mengajukan proposal kepada Allooh Azza Wa Jalla.

Awal perjalanan kami, kami melaluinya sama seperti pasangan pada umumnya, hanya saja kami melaluinya dengan beberapa ujian dari Allooh berupa seringnya aku sakit.

Hal itu membuatku merasa binggung, karena dulu saat aku gadis,Alhamdulillah aku termasuk remaja yang energic, full activity dan berbagai masalah yang bisa aq tangani. Apapun itu sudah berlalu dan sekarang kami menempuh masa dan ujian yang sama. Senyum

Awal-awal kami menikah sempet ada pikiran pengen punya anak 1 aja, cz kayake repot ya punya banyak anak (pdhl masing-masing dari kami berasal dari keluarga banyak anak, dari keluargaku 4 bersaudara sedangkan dari keluarga suamiku 3 bersaudara)…dan pengen punya anak ketika semuanya udah mapan. Astagfirrullah kejahilanku dan kurangnya ilmu agamaku dalam hidup waktu itu membuatku harus banyak istigfar.

Mengutip dari www.Muslimafiyah.com Keuntungan mempunyai banyak anak yaitu :

  1. Melaksanakan sunnah
  2. Banyak anak merupakan anugrah Allah
  3. Rumah sepi kalau anak sedikit, Apalagi mulai ditinggal sekolah atau anak-anak mulai menikah dan tinggal di kota berbeda
  4. Banyak anak, banyak rezeki —->Asalkan rezeki dijemput, tidak bermalas-malasan. Dalam Al-Quran, kita diberi rezeki dengan kehadiran anak.
  5. Banyak yang perhatian ketika kita sudah tua, Usia tua bukan harta dan jabatan lagi yang penting, tetapi perhatian orang terdekat. Berbahagia sekali jika punya banyak anak yang shalih lagi berbakti
  6. Semakin banyak anak yang mendoakan orang tuanya, Bisa jadi Orang tua kaget di akhirat, karena ia mendapat kedudukan tinggi. Ia bertanya-tanya, ternyata karena doa anak-anaknya.

 

Disadur dari www.rumaysho.com Imam Abu Hamid Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulum Ad-Diin berkata, Berusaha untuk mendapatkan keturunan sudah dinilai sebagai suatu bentuk ibadah dilihat dari empat sisi:

  1. Menjalankan perintah Allah agar manusia tetap memiliki keturunan.
  2. Berharap dicintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau akan bangga dengan banyaknya keturunannya pada hari kiamat.
  3. Mengharap berkah dari doa baik dari anak shalih setelah itu.
  4. Mengharapkan syafa’at dari anak yang meninggal dunia ketika kecil sebelum orang tuanya.

Qadarullah baru beberapa hari yang lalu aku membaca artikelnya…perasaanku sedih dan merasa aku dah jauh dari agama. Tapi itu dulu,,in syaa Allooh jalan yang sekarang kami melaluinya dengan jalan yang baik dan semata hanya mengharapkan pahala dari Allooh. Saat ini kami hanya berusaha, sedangkan hasilnya Allooh Azza Wa Jalla yang menentukan hasilnya.

Setelah lewat 1th pernikahan tepatnya di tanggal 7 Oktober 2012 kami mulai menjalani promil dg dokter di Klinik Utama IDAF HUSADA dengan dr.Dian Agami Islam, Sp.Og dari hasil pemeriksaan awal aku baru tahu kalo bentuk rahimku retrofleksi atau menghadap kebelakang (Alhamdulillah) dari sana kami di sarankan untuk berhubungan dgn posisi DS atau posisi nungging, mengingat bahwa arah mulut rahimku menghadap kebelakang. Dan juga aku mengkonsumsi provula 1xsehari selama 5 hari dan folavit sedangkan suamiku mengkonsumsi folavit dan becomzet. Tanggal 19 Oktober 2012 kami control kedua kalinya, Alhamdulillah sel telurku memiliki ukuran yang terbesar 0,99cm (masih jauh dari harapan dokternya), kami tidak dikasih obat hanya di minta untuk melakukan tes kesuburan pake tes strip merk fertitest selama hari2 tertentu…dan selalu muncul 2 garis terang (berharap banget waktu itu pekan selanjutnya aku bisa melihat 2 garis yang sama pada test pack kehamilan…hehhehe) setiap muncul 2 garis terang kami selalu semangat dalam “beribadah” tapi waktu itu emang aku ini orang yang lebih suka negative thinking pada diriku sendiri dan tetap mens datang tepat waktu.

sa-7022h_400x400
Klinik Utama IDAF HUSADA, Surabaya

Bulan November 2012 kami masih control dgn dr.Dian, qadarullah ,masih dengan terapi yang sama, bahkan terindikasi aq pco dengan sebab diabet. Alhasil diminta untuk tes gula darah, Alhamdulillah aku normal. Dan saat itu juga suami diminta untuk AS, qadarullah hasilnya OligoAsthenozoospermia (banyak factor ya yang terjadi karna hal ini, bias aja waktu itu suamiku ga nyaman saat AS, atau bias aja petugas labnya yang krg prepare dkk yang aku masih blm ngeh) dari hasil tersebut suamiku dapat vitamin yang lebih banyak…tapi kami tidak melanjutkan kontrol lagi karena kesibukan suami dan kondisiku yang semakin ngedrop.

Bulan Februari 2013 kami balik lagi, tapi karena waktu itu kami merasa dr.Dian krg terbuka dan informative pada kami akhirnya kami putuskan untuk berhenti konsul dengan beliau…maaf ya dok.

Aku mulai mengisi hariku dengan kesibukanku sebagai istri, yang penting waktu itu niatku adalah memperbaiki hubunganku dan suamiku. Berfokus padahal itu aja awalnya, qadarullah aq ga betah dan saat yang sama aq mulai menjalankan bisnis nugget salmon…Alhamdulillah usahaku diterima pasar dengan baik. Tapi karena akunya yang emg krg sabar, akhirnya aku melamar di sebuah sekolah untuk anak usia dini atau KB-TK IT Little Star Surabaya, Alhamdulillah dterima. Dsekolah ini aku belajar banyak hal terutama yang terkait anak-anak, ternyata anak-anak tidak hanya membutuhkan UANG tapi mereka lebih membutuhkan perhatian, kasih sayang dan terpenting ILMU AGAMA. Kemudian atas saran dri kepsek yang baik hati Bunda Indah, kami periksa k Prof Ery Gumelar, Sp.Og,

Periksa ke Prof Ery…yaps Cuma sekali aja kunjungan dg beliau, cz pulangnya aku nangis ga berhenti2 cz beliaunya dh menyalahkan aku. Tembakan beliau “kamu ini, udah tahu masalahnya, kamu juga nakes, kok bisa bodoh gini. Udah lgsg aja k dr. Aucky!” dan itu dilakukan ddepan banyak ibu hamil lainnya (suamiku ga blh ikut masuk). Qadarullah kami belum sreg waktu itu, tapi kami tidak berputus asa

Setelah mengumpulkan asa dan semangat kembali bulan Maret 2013 kami memutuskan konsultasi dengan dr.Aucky Hinting yang waktu itu prakteknya masih di Siloam Hospital, untuk konsultasi waktu daftarnya harus 1bulan sebelumnya….hmmmm perjuangan deh. Alhamdulillah kami tdk perlu menunggu 1 bulan itu, jadi pas aku telpon bagian pendaftaran Alhamdulillah lgsg dpt no antrian. Qadarullah nomer antrian itu tak pernah kami pakai, karena paginya kami mendapatkan berita duka bahwa Bapak kami meninggal dunia dan itu membuat kami harus mengalihkan pikiran kami. Vacuum dari promil

Setelah kepergian bapak, qadarullah aku jauh lebih rentan terhadap penyakit. Alhamdulillah saat itu aktifitasku tetap aku upayakan terjalani dengan baik, hingga akhirnya harus opname agak lama dan ada option untuk transfuse darah, semakin jauhlah ini pikiran dari promil.

Alhamdulillah kami memutar haluan kami, sekarang tujuannya adalah membuat kami lebih sehat dengan melakukan terapi herbal dan thibbun nabawi. Atas saran dari kepala yayasan sekolah tempatku mengabdi, kami berkenalan dengan produk herbal. Perkenalan kami dengan produk RADIX mengubah segalanya, Alhamdulillah melalui RADIX kami (terutama aku) semakin sehat.

4468eee31b1defdfce6ec2ccbaebec87
RADIX

Kami mengkonsumsinya setiap pagi saat perut kosong, Alhamdulillah hingga saat ini kami masih mengkonsumsinya dan Alhamdulillah

Dari radix kami mencoba beberapa thibbun nabawi. Mulai mengkonsumsi minyak zaitun EVO, habbattussauda, sari kurma, Madu, bekam dan meminimalisir produk-produk kimia yang masuk atau kami pakai. Alhamdulillah semakin kesini semakin membaik. Ada hasil positif yang kami mulai rasakan. Masih vacuum yaa promilnya

Tahun 2014 lewat begitu aja, karena waktu itu kami bener-bener focus ke birrul walidain atau berbakti pada orang tua kami. Sbenernya ga lewat begitu aja ya…tetep aja kami melaluinya dengan senang-sayang dan Alhamdulillah Allooh memberkahi keluarga kami

Awal tahun 2015, aku masih blm hamil (dan mulai kebal dengan pertanyaan orang sekitar yang menanyakan keturunan). Mulai sedikit ada gairah untuk promil, dan aku berinisiatif melakukan HSG sedangkan suami berkeinginan untuk tes AS lagi.

HSG kami lakukan di laboratorium Parahita Surabaya, kami memutuskan melakukan d lab ini karena waktu itu biayanya yang paling murah. Alhamdulillah aku melalui HSG dengan baik, meskipun waktu itu aku sendiri (qadarullah masih waktu aktif kantor yaa jadi suamiku berhalangan), Alhamdulillah ga ada sakit sama sekali, bahkan aku bisa pulang dengan naik angkot 2x ganti. Di angkot pertama, aku membuka hasilnya, dan disana Alhamdulillah tertulis saluran tuba kiriku tersumbat dan kanan normal. Sepanjang perjalanan pulang, ni mata udh ga tahan tuk nangis, Alhamdulillah Allooh memampukan aku untuk sampai di rumah tanpa nangis di angkot, kayaknya ga lucu kalo ketauan orang nangis ga jelas dan waktu itu sendiri pula.

AS kami lakukan di lab Paramita Surabaya, mencari yag terdekat dengan rumah ya. Alhamdulillah ‘ala kulli hal hasilnya waktu itu adalah OligoAsthenoTeratozoospermia (OAT). Hasil yang tidak kami sangka, karena waktu itu suamiku sudah rajin sekali mengkonsumsi habbat, yang berdasarkan rekomendasi beberapa kawan itu bias memperbaiki kualitas sperma. Qadarullah malah semakin bertambah, yang awalnya OligoAsthenozoospermia (OA).

Semakin drop?? Alhamdulillah GAAK

Udah kami jalani aja kehidupan kami seperti sebelumnya.

September 2015 kami pindah ke kota Rembang, sebuah kota kecil di pesisir utara jawa yang menjadi perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kota ini bener-bener jauh dari hiruk pikuk, masyaa Allooh suasananya tenang banget. Next time ada artikel tersendiri tentang kota ini, in syaa Allooh.

Tahun 2016, mulai promil. Melalui milis tentang Ibu Hamil disalah satu web ya…lupa namanya,aseef.

Promil kami dengan beberapa herbal:

  1. RADIX kami naik level jadi RADIX Himalaya, untuk suami aja ya. Sedangkan aku jadi RADIX KACIP FATIMAH (belum berhasil, kami rutin mengkonsumsinya selama 3 bln berturut-turut, bahkan lebih kayake)
  1. Fenugreek atau hulba untukku, sedangkan suami omega squad kalo ga salah. (belum berhasil, rutin kami konsumsi selama 3 bulan berturut-turut)
  2. Kacang ijo, dari dbuat : gule, bubur, dbuat taoge dewe dll (belum berhasil)
kacang-ijo
BUTIR-BUTIR KACANG HIJAU…SEPERTI BUTIRAN USAHA KAMI

Madu Mesir, qadarullah harganya SubhannAllooh 500rb/btl kemasan 500ml (belum berhasil, kami rutin mengkonsumsinya selama 3 bulan berturut-turut)

IMG_20171228_134943
MADU SIDR MESIR
  1. Terapi jeruk nipis ala Dewi Yull. Dengan konsep seperti dibawah ini :

Hari ke-1………………………………….. 4 jeruk nipis
Hari  ke-2…………………………………..8 jeruk nipis
Hari ke-3………………………………….12 jeruk nipis
Hari  ke-4………………………………….16 jeruk nipis
Hari  ke-5………………………………….20 jeruk nipis
Hari  ke-6………………………………….24 jeruk nipis
Hari ke-7…..………………………………28 jeruk nipis
Hari ke- 8…………………………………..28 jeruk nipis
Hari  ke-9…………………………………..24 jeruk nipis
Hari  ke-10…………………………………20 jeruk nipis

Hari  ke-11…………………………………16 jeruk nipis
Hari  ke-12…………………………………12 jeruk nipis
Hari  ke-13…………………………………. 8 jeruk nipis
Hari  ke-14………………………………….4 jeruk nipis

 

Beratnya terapi jeruk nipis waktu itu, secara diminumnya saat perut kosong di pagi hari awal bangun tidur!! Qadarullah cuma 1 siklus aku melakukannya karena kami harus pindah ke kota Pemalang di pertengahan tahun 2018.

 

Insyaa ALLOOH segini dulu ya. Tenang kami masih sama berjuang, yakin bahwa Allooh tidak pernah menyia-nyiakan amalan dari seseorang diantara kita, PEJUANG KETURUNAN SEMANGAT!!!!