Mangga, Mango, pelem

Bismillah,

 

mangga.jpg

Mangga, buah ini hmmmm seger banget. dulu aku ga suka, Qadarullah wal Alhamdulillah suamiku suka banget buah ini, bahkan mungkin bisa dijuluki “Maniak Mangga”. kenapa aku julukin gitu, karena ooh karena saat musim mangga tiba, selalu mangga aja yang beliau konsumsi. aku yang liat aja udah mbelenger.

menurut Fajar.co.id Buah mangga ini mempunyak banyak varietas, hampir 400 varietas ada di Indonesia, pulau Jawa sebagai sentra produksi dari buah mangga.

dilansir dari doktersehat.com banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah mangga, yaitu :

  1. Menyembuhkan anemia

    Mangga kaya zat besi, yang membuat buah ini bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Asupan yang teratur dan dimoderasi dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang dibuat dari mangga dalam obat herbal China dikenal sebagai tonik yin, dan digunakan untuk mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

  2. Menunda penuaanKhasiat buah mangga membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh, karena mangga mengandung banyak vitamin A dan C. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan alami. Oleh karena itu, mangga benar dapat disebut makanan anti-penuaan.
  3. Mencegah jerawat

    Manfaat buah mangga yang pertama adalah dapat mencehah jerawat. Mengoleskan bulir mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat. Ekstrak mangga akan membantu menjaga agar kulit Anda sehat dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

    Selain itu, mango butter merupakan pelembap yang baik untuk kulit sensitif. Mango butter bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

  4. Menyehatkan kulit

    Buah mangga memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda.

  5. Meredakan inflamasi pada kulitMangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.
  6. Mendorong terbentuknya kolagenVitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

     

    manfaat yang lain bisa dilihat dimangga

Masyaa Allooh yaa banyak sekali manfaat buah mangga, tetapi bila mengkonsumsinya berlebihan juga tidak akan bermanfaat. ingat, segala yang berlebihan itu TIDAK BAIK.

Oooh iya, waktu kami tinggal di Rembang hampir setiap rumah punya pohon pelem. jadi kalo waktu panen, kami beberapa kali dikirimi mangga oleh tetangga ataupun temen.

alhamdulillah saat kami pindah ke Pemalang, kantor tempat suamiku kerja adalah bekas lahan Kebun Pelem dan di Pemalang sampai ada satu daerah yang khusus untuk pelem atau mangga.

 

masyaa Allooh seru deh liatnya.

Beberapa waktu yang lalu karena saking melimpahnya ni Mangga, aku sempet membuat Pulut Pelem. sebenernya mudah dan simpel banget nih, sama seperti pembuatan Ketan Durian. hanya duriannya dsini kita ganti dengan mangga, langsusng disimak yaa

BAHAN :

  1. Beras ketan, rendam air selama semalam
  2. Santan Kental
  3. Vanili bubuk
  4. Mangga yang udah matang
  5. Butiran wijen yang udah disangrai
  6. larutan maizena
  7. garam & gula

cara pembuatannya :

  • panaskan panci kukusan
  • cuci ketan hingga bersih, setelahnya kukus selama 5 menit.
  • rebus santan kental hingga mendidih, kemudian bagi menjadi 2 bagian (1:2).
  • sisihkan 1 bagian santan yang kental (panci terpisah)
  • masukkan ketan yang udah selesai dkukus kedalam santan yang kental, lalu tambahkan garam sedikit (tes rasa). kemudian kukus lagi selama 15 menit. setelahnya dingin ketan atau pulut yang telah matang
  • bagian santan yang telah kita pisahkan tadi, direbus lagi. kemudian tambahkan gula, garam, dan vanili bubuk (tes rasa).
  • tambahkan larutan maizena, saat menambahkannya harus siap untuk mengaduk ya karena mudah menggumpal. bila sudah dirasa cukup kental berarti kuah ketan sudah siap. matikan kompor
  • Penataan : ambil mangkok letakkan beberapa sendok ketan, kemudian tambahkan mangga yang telah di potong bentuk dadu, sirami dengan kuah ketan, terakhir tambahkan taburan wijen.
  • siap santap, Alhamdulillah waktu bikin ini terus kami kirim ke kantor temen-temen suami suka semuanya dan ada yang tanya resep, hehehehe
pulut-pelem2.jpg
pulut pelem yang belum disiram kuah.

 

pulut pelem
pulut pelem siap dibawa ke kantor

Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya kawan. jangan lupa, tinggalkan komen di bawah,kami tunggu yaa

 

Jazaakumullah khairan