Ronde yang hangat dan menyehatkan

Bismillah, kali ini mau nulis resep yaa. Cuaca di Indonesia lebih tepatnya di Pemalang lagi tidak menentu, yang pasti berangin. Jangan mencela angin ya, ada baiknya kita langsung berdo’a bila ada angin yang bertiup, do’akan hal yang baik-baik. Nah saat berangin seperti ini, tubuh membutuhkan asupan sesuatu yang hangat, yaps salah satunya Ronde istimewa ini. ronde

Biasanya kami membeli ronde disekitar alun-alun pemalang, Qadarullah karena kondisi berangin bikin kami mager keluar rumah, dan umek bentar didapur. Alhamdulillah suami langsung menyukainya, bahkan nambah-nambah. hehehehe

RONDE 

Bahan :

Kuah : Air mendidih, jahe (geprek, semakin banyak semakin hangat), daun jeruk, sereh (geprek< kurleb 4btg sereh), dan gula (optional ya, karena pengen yang agak berwarna dan sehat, saya memakai gula aren dan gula batu)

Isian : Kelapa muda (kerok ya), kolang kaling, bola-bola ketan (tepung ketan, air panas, dan kacang goreng yang digiling bareng gula dan garam).

Waktu Pembuatan : kurang lebih 30 menit (menggunakan 2 tungku kompor dan tidak disambi lihat tv atau umek yang lain ya)

Cara Pembuatan :

  1. Kita siapkan isiannya terlebih dahulu, terutama bola-bola ketan isi kacang. kalo kolang kaling dan kelapa muda udah ready to eat ya.
  2. bola-bola ketan : panaskan air mendidih sedikit saja, siapkan tepung ketan dalam wadah, kemudian siram dengan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. siapkan isiannya, yang terbuat dari kacang goreng yang diulek dengan gula batu dan garam (perbandingan gula dan garamnya sesuai selera masing-masing). siapkan panci yang berisi air, didihkan. ambil adonan tepung ketan sebesar ibu jari, kemudian pipihkan di tengah telapak tangan kita, isi dengan kacang ulek, kemudian pulung hingga bulat seperti kelereng. lakukan hingga adonan habis. setelah air mendidih masukkan bulatan-bulatan adonan dan masak hingga mengapung.
  3. Disaat yang bersamaan dengan memasak bola-bola ketan, tungku yang satunya kita pasang juga panci untuk membuat kuah. panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan jahe geprek, sereh geprek, daun jeruk dan gula aren juga gula batu. Panaskan hingga mendidih, tes rasa. dan kecilkan api.

Penyajian : Tata kelapa muda, bola-bola ketan, kolangkaling dalam mangkok. kemudian siram dengan kuah ronde saat masih mendidih. sajikan

Masyaa Allooh diperut rasanya langsung hangat, dan energic juga. plus bikin tidur semakin nyenyak.

Bila ingin diberikan pada anak-anak, bisa disesuaikan jumlah jahe dan serehnya. Insyaa Allooh semua suka.

Demikian resep ronde yang hangat dan menyehatkan. semoga bermanfaat

Jazaakumullah khairan