Riverscape tontonan yang layak dipertimbangkan

Bismillah,,salah satu yang wajib ada dirumah era sekarang adalah Tontonan. Banyak orang yang memilih tontonan dirumahnya adalah TV, film dan semacamnya. Tapi beda dengan umumnya,,karena terpaksa juga sih (Hehehe…), tontonan pilihan kami adalah Riverscape.

Riverscape aka aquascape

Riverscape yang kami maksud disini bukanlah judul film atau judul acara TV, melainkan tontonan beda. Yaps riverscape ini semacam aquascape yg merupakan derivat dari aquarium.

Alhamdulillah kami berdua bisa menyalurkan hobi dan mengungkapkan bakat terpendam kami. Hehehe

Awalnya hanya bermaksud untuk cari tontonan pengganti TV. Qadarallah antena TV dirumah tiba-tiba tidak bisa detect siaran apapun, Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Suami terinspirasi dari aquarium yg dibuat untuk menetaskan telor rajungan di kantor,,dari sana beliau inisiatif membuat aquarium. Nah mulailah mengajukan anggaran pembuatan aquarium,,tapi pas kami jalan-jalan k Mejagong, Bantarbolang, Kab.Pemalang, beliau berubah pikiran dan akhirnya terciptalah Riverscape. konsep atau inti dari pembuatan Riverscape adalah memanfaatkan benda disekitar semaksimal mungkin.

Biaya yang kami keluarkan untuk riverscape aka aquascape ini sangat ringan dikantong. Total biaya yang telah kami keluarkan adalah 95.000. Alhamdulillah Hemat,,daftar pengeluaranya ada dibawah ini :

  • Untuk kotak aquariumnya kami beli disalah satu temen saat masih di Surabaya seharga 5.000 rupiah, sebenernya bukan box aquarium yaa tapi box bekas snack yang jadi bahan lelangan di salah stu minimarket yg berhenti usaha.
  • beli pasir 30.000 (masih sisa buuuuanyak),
  • beli tanaman air 10.000 dapat 3 jenis,
  • beli filter 50.000 (sebenernya dan harusnya ga perlu ini sih tapi karena awalnya belum terkonsep jadilah beli dulu aja)
  • Ikan dapat dari nyerok dan memasang perangkap di sungai area Pemalang so 0 rupiah,
  • dan batu pun dapat dari sungai.

Riverscape kami memang berkonsep ekosistem sungai, ga salah kan kalo namanya Riverscape. Kebanyakan kalo melihat di pameran ACE Hardware hanya berkonsep nature. Alhamdulillah kami beride untuk membuat riverscape.

Riverscape ini mempunyai banyak manfaat loh untuk kesehatan hati, jiwa dan kantong tentunya. Alhamdulillah melalui riverscape, kami dipaksa untuk bangun pagi dan berburu ikan di parit-parit sekitar sawah yang ada di lingkungan sekitar kami.

Parit pertama tempat menemukan ikan sepat dan ikan sapu2 kecil
Sungai di Mejagong, kec Randudongkal Kab Pemalang,,tempat kami menyerok udang dll

Dari riverscape pula kami belajar menghargai sesuatu yg sederhana. bahwa dengan berusaha sedikit kita bisa mendapatkan hal yang istimewa. Setelah mendapatkan berbagai perlengkapannya dimulai lah episode merangkainya hingga nampak eksotik. Proses awalnya adalah mencuci pasir yang akan digunakan sebagai dasar ekosistem. kemudian penataan batu dan tanaman sehingga nampak alami dan bisa menjadi rumah bagi ikan2 hasil tangkapan kami. Proses selanjutnya adalah mengisi air dan membiarkannya selama 24jam. Setelah 24jam penghuni riverscape akhirnya bisa memasuki alamnya dan mereka nampak sangat bahagia…Alhamdulillah

Awal Penataan

Awalnya riverscape kami berisi : Ikan sepat, ikan Nila, ikan sapu2, udang sungai dan ikan betik. Dan ternyata mereka saling memakan, apalagi saat kami tinggal safar 2pekan…udang-udang habis dimakan oleh ikan betik. Ternyata tidak semua ikan bisa hidup berdampingan. Setelah banyak korban ikan yg hilang,,kami pun mencoret ikan betik dan nila dari daftar penghuni tetap riverscape kami.

Alhamdulillah saat ini riverscape kami terdiri dari Ikan Sepat, Ikan sepat biru, ikan uceng, udang sungai, ikan sapu2, ikan guppy,ikan gatul, ikan tawes dan ikan wader. Dari pengamatan kami, Alhamdulillah ikan-ikan tersebut bisa hidup aman tentram dan lohjinawi. Masing-masing punya bagian sendiri dari bagian riverscape. Ada yang dibagian dasar, ada yg dpermukaan, ada yg nempel di kaca, ada juga yg hilir mudik seperti sedang patroli. Seru mengamati mereka

Dari awal aku dan suami sudah berazzam tidak boleh terlalaikan dg riverscape ini. Tetep tujuan utama kita hidup adalah beribadah kepada Allooh, sehingga bila salah 1 dari kami berlebihan pada hal ini maka kami pun akan saling mengingatkan.

Alhamdulillah sekian catatan kecil tentang riverscape kami. Semoga bermanfaat. Jazaakumullah khairan