Dharmawangsa express, rute baru kemasan jadul

Bismillah, Alhamdulillah sedang safar kesekian kalinya. Sekarang kami sedang dalam perjalanan menuju Lampung dari Surabaya. Awalnya mau naik pesawat dari Surabaya ke Lampung, tapi kok transitnya 8jam lebih di bandara Soetta. Hmmmm capek nunggu kayaknya.

Akhirnya kami memutuskan untuk naik kereta ke stasiun senen kemudian lanjut pesawat ke Lampung, secara hitungan harga lebih murah dan bikin ga pegel badan. Alhamdulillah ada kereta baru yang melayani rute Pasar Turi 🔛 Pasar Senen,, dan jadwalnya sesuai kebutuhan kami. Keretanya adalah Dharmawangsa Express.

Dharmawangsa express terdiri dari 2 kelas yaitu Economy Class dan Executive Class. Perjalanan Surabaya 🔛 Jakarta ditempuh dengan waktu 11jam 30menit, karena lamanya waktu perjalanan dan harga yg tidak selisih banyak maka kami pun memilih Executive Class. Awal bayangan kami terhadap kereta ini wah dan seru yaa…ternyata Alhamdulillah ‘ala kulli hal.

Kami ada di Executive 2, kesan pertama yang bisa kami tangkap adalah JADUL.

Interior Dharmawangsa Express
Bagasi Dharmawangsa Express

Penilaian kami untuk Dharmawangsa Express yaitu kereta yang udah tua dan dimanfaatkan kembali daripada nganggur, hehehe. Beberapa kekurangan untuk Executive Class adalah di setiap kursi tidak dilengkapi dengan meja makan yang merupakan khas dari executive class ; tidak ada gantungan tas ; bagasi yg sempit. Sedangkan hal yang menjadi positif di kereta ini adalah jendela yang personal ; tirai tarik ; adanya bantal dan selimut ; colokan charger.

Colokan charger dan satu-satunya meja di kursi
Bagian belakang kursi,,ada pijakan kaki yang mulai aus.

Untuk Kamar Mandi,,jauh berbeda dengan kereta-kereta executive lainnya,,masih tercium aroma amoniak menyengat alias pesing banget ; sempit ruangannya ; dispenser sabun yang kosong ; dispenser tissu acak-acakan. Alhamdulillah ‘ala kulli hal, kurang manusiawi deh.

Dharmawangsa Express ini melewati jalur utara, stasiun yang menjadi pemberhentiannya adalah Lamongan, Randublatung, Cepu, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Weleri, Pekalongan, Tegal, Brebes, Cirebon Prujakan, dan beberapa stasiun lagi yang kurang denger namanys karena lagi tidur…dan terakhir adalah Stasiun Pasar Senen.

Besar harapan kami kedepan akan banyak perbaikan untuk kereta Dharmawangsa Express mengingat kalo Jl. Dharmawangsa di Surabaya itu termasuk kawasan elite. hehehe

Harapan kami, Dharmawangsa Express lebih baik dalam pelayanan dan lebih manusiawi karena kami mengamati okupansi dari kereta ini sangat tinggi hal itu terlihat dengan sedikitnya kursi yang kosong. Sesuai dengan motto KAI Anda adalah prioritas kami maka seharusnya kami pun mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Jazaakumullah khairan telah membaca halaman Rachda

3 thoughts on “Dharmawangsa express, rute baru kemasan jadul

  1. Baru dengar beberapa waktu lalu ya pengoperasian aramada kereta ini? Dah lama banget ga ke Stasiun Senen. Bisa juga nih alternatif kalau mau ke Semarang. Sayangnya kemasan beneran jadul ya, itu lisnya masih oakai kayu hehe. Semoga ada perbaikan mengingat kereta memang moda favorit banyak orang karena relatif nyaman dan waktunya disiplin.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s