Perkedel dadakan untuk sarapan

Bismillah,,

SubhannAllooh blognya sudah banyak sarang laba2. Hehehe lama yaa ga nulis. Kangen banget tuk nulis.

Kenapa lama ga nulis? Karena kesibukan yg tak terelakkan.,,hmmm sok sibuk deh ya. Ga juga sih. Hehehe Sebenernya aku dah lama punya uneg2 mau nulis tapi ya setiap pagi sampe sore pasti diribetin ma anak sholihah yg bernama Keysheila. Bukan anak kami,,tapi serasa anak saudara padahal anak tetangga depan rumah. Usianya baru 2 th pas bulan desember kemaren, jadi sekarang tuh lagi hobi banget dia eksplore rumahku dan rumah tetanggaku. Hehehe suka aja sih kalo dia bikin berantakan rumah…serasa ga sia-sia gitu aku merapikan rumah.

Itu tadi alasan kenapa blog ini lama tidak nambah-nambah tulisannya. Dan itu bener-bener real terjadi ya.

Bermula dari kami ingin memperbaiki diri menjadi lebih baik, terutama dari sisi kesehatan baik jiwa maupun fisik. Kesehatan jiwa diperbaiki dengan lebih mendekatkan diri kepada Al Mutakabbir. Sedangkan kesehatan fisik kami lakukan dengan program sehat. Sebenernya dan seharusnya yg diet tuh Anatakun karena beliau yg kelebihan BMInya. Kalo aku sih, Alhamdulillah PAS. HEHEHE

Program sehat yang kami lakukan adalah dengan mengubah pola makan. 🥣Sarapan pagi kami mengkonsumsi radix dan protein (olahan telur yg dimasak tanpa minyak,, kentang panggang, kurma yg diolah atau buah…tergantung stok yang ada).

🥣 Maksi aka lunch alias makan siang, menu-menu berat dan ada nasi.

🥣 Dinner aka makan malam,, kami lakukan maksimal jam 18.30 atau ba’da maghrib plencing lah. Menunya apa? Tergantung stok juga tapi biasa no karbo dan sebelum tidur Anatakun minum wedang asem madu.

Hasilnya apakah udah nampak? Kalo dari berat badan, aku kurang tahu. Tapi yang berubah adalah badan terasa enteng. Hmmmm Alhamdulillah nyaman aja bawaannya

Perkedel kentang bandeng

Beberapa hari lalu,, karena kesiangan pulang dari jalan pagi akhirnya binggung sarapan apa. Karena Anatakun juga buru-buru berangkat ke kantor (di Pemalang masih belum ada wfh) dan minta sarapan kentang panggang (haduh ribet yaa dan lama,,belum lagi oven susah kalo diajak kerja cepet-cepet). Pas Anatakun mandi, mikir dikit terus langsung buka kulkas dan liat stok apa aja yang ada. Jadinya PERKEDEL KENTANG BANDENG

Alhamdulillah bikinnya bentar banget dengan nilai memuaskan dari Anatakun.

  • Kentang (cuci bersih) lalu potong kecil-kecil terus direndam dalam air garam
  • Bandeng presto sisa
  • Bawang putih 1 siung
  • Bawang merah goreng
  • Minyak untuk menggoreng
  • Telor 1 butir
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Itu tadi bahan-bahannya yaa,, untuk bandeng presto bisa diganti yg lain tergantung stok dirumah kalian. Bisa pake pindang, pake nugget, atau ga pake juga ga papa. Langkah pembuatannya seperti dibawah ini ya

  • Panaskan wajan yang berisi minyak. Bila minyak sudah cukup panas,, masukkan bawang putih goreng sebentar aja. Tiriskan
  • Kemudian goreng kentang,,hingga matang. Tiriskan
  • Haluskan atau ulek bawang putih yang sudah digoreng. Bila sudah halus, lanjutkan dengan mengulek kentang goreng. Bila sudah tercampur rata tambahkan suiran bandeng presto aduk hingga rata.
  • Tambahkan kuning telor kedalam adonan kentang dan bandeng. Kemudian cetak sesuai selera.
  • Panaskan minyak goreng
  • Hasil cetakan perkedel dibaluri dengan putih telor kemudian goreng hingga kecokelatan.
  • Alhamdulillah siap santap

Waktu pembuatannya tidak lama, hanya 10menit. Meskipun aku harus melanggar peraturanku sendiri yg kalo sarapan no minyak. Hehehe (sesekali cheat lah).

Ketika Anatakun sudah siap sarapan, hidangannya pun sudah siap. Alhamdulillah habis tak bersisa. Kentang cocok banget untuk program sarapan sehat karena kentang mempunyai protein yg komplek dan nilai energi yg tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk bergerak hingga menjelang maksi.

Sekarang emang lagi sregep-sregepnya menghabiskan stok yang ada dirumah. Merasa sedih dan sangat bersalah ketika ada bahan makanan yang berakhir di tempat sampah. Alhamdulillah ‘ala kulli hal

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jazaakumullah khoyr telah mampir

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s